Laman

Selasa, 08 November 2011

TERNATE Daerah Kesultanan Juga Loh!

TARANO ATE atau TERNATE selain memiliki gubernur dan jajarannya yang mewakili pemerintahan yang ada di Ternate juga memiliki seorang Sultan yang sangat di cintai oleh rakyatnya. kesultanan yang ada di Ternate ini merupakan salah satu kerajaan islam tertua yang ada di nusantara, berdiri pada tahun 1257 yang pada awalnya dipimpin oleh seorang raja yaitu Baab Mashur Malamo (1257-1272).

Kedaton Kesultanan Ternate (Sekarang)

Kesultanan yang berdiri sampai sekarang ini dulunya memiliki peranan yang sangat penting dikawasan Timur Nusantara antara abad ke-13 sampai abad ke- 17. Kesultanan Ternate menikmati kegemilangan sekitar abad ke-16 dikarenakan perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militer yang sangat besar. Daerah kekuasaannya pada saat itu mencangkup wilayah Maluku, Sulawesi utara, timur, dan tengah, bagian selatan kepulauan Filipina hingga sejauh pulau Marshall di pasifik.

Sampai saat ini kehidupan masyarakat yang ada di Ternate juga dipengaruhi oleh adat maupun kebudayaan kesultanan. Mulai dari tradisi turun temurun yang masih dilakukan masyarakat "Kolii Kie" atau keliling gunung maupun yang lainnya masih diadakan setiap tahunnya. Seperti halnya kesultanan-kesultanan lain yang masih berdiri sekarang, masyarakat sangat mematuhi perintah maupun aturan yang datang dari Sultan. Namun, Sultan tetap menjalani aturan yang datang dari pemerintah. Yang membenakan kesultanan Ternate dengan Kesultanan pada umumnya, tempat tinggal Sultan yang biasanya  bernama Keraton, di Ternate di beri nama Kedaton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar